Wednesday 25 January 2017

Cara Mencegah dan Membasmi Nyamuk Aedes Aegypti di Rumah

Bagaimana cara mencegah dan membasmi nyamuk aedes aegypti yang efektif? Nyamuk aedes aegypti adalah salah satu jenis nyamuk yang sangat terkenal karena mampu menanamkan bibit penyakit demam berdarah ke tubuh manusia. Pada saat nyamuk ini menggigit dan menghisap darah manusia, saat itu pulalah bibit penyakit ini masuk ke aliran darah.
Nyamuk aedes aegypti, ada juga yang menyebutnya nyamuk dengue, bisa ditemukan di semua negara tropis. Di wilayah Asia, terdapat Nyamuk Asian Tiger (aedes albopictus) yang juga berpotensi membawa sumber penyakit demam berdarah.
Tahukah anda, berbeda dengan jenis nyamuk lainnya, nyamuk aedes aegypti senang hidup dan berkembang biak di lingkungan perkotaan dan rumah-rumah. Mereka justru enggan hidup di hutan dan rawa-rawa. Di perumahan, mereka bisa menemukan sumber protein dari darah manusia dalam jumlah yang melimpah sebagai bekal nutrisi bagi pertumbuhan telurnya. Nyamuk aedes aegypti hanya membutuhkan sedikit air sebagai peletakan telur dan perkembangbiakan larvanya.

Siklus Hidup Nyamuk Aedes Aegypti
Semua berawal dari nyamuk dewasa yang mencari tempat di mana terdapat genangan air dalam suatu wadah. Ketika induk tersebut menemukannya, maka ia akan bertelur dan menempelkan telur-telurnya di dinding wadah tadi. Dalam beberapa hari, telur-telur ini akan menetas dan keluarlah jentik-jentik nyamuk yang akan langsung masuk ke dalam air. Setidaknya dibutuhkan waktu antara 7-10 hari agar jentik ini berkembang menjadi nyamuk dewasa setelah melewati tahapan kepompong.
Nyamuk demam berdarah dewasa tidak suka terbang jauh. Mereka hanya akan berkeliling ruangan dalam jarak maksimal antara 50-200 meter untuk mencari makanan (darah manusia) dan tempat bertelur. Jadi ketika ada nyamuk aedes aegypti di rumah anda, mereka tidak akan pergi dengan sendirinya, melainkan anda lah yang harus membasmi dan mengusirnya.
Pencegahan Nyamuk Aedes Aegypti di Rumah
Untuk mencegah nyamuk aedes aegypti berkembang biak di rumah anda, singkirkan tempat-tempat yang bisa menjadi wadah perkembangbiakan nyamuk serta memastikan tidak ada tempat potensial bagi nyamuk di rumah anda juga wajib dilakukan.

Artikel Terkait